Selasa, 27 Desember 2016

Trend Sistem Informasi saat ini dan Tren masa depan

Trend Sistem Informasi saat ini dan Tren masa depan
-         Trend saat ini

1.     Smart Car

Teknologi smart car atau bisa dibilang "mobil tanpa sopir" ini mulai ngetrend di akhir tahun 2015 ini. Produsen produsen IT besar seperti Google dan Apple mulai berlomba lomba mengembangkan teknologi mobil smart car ini. Saat ini, pengembangan smart car ini sendiri sedang mencapai tahap pengujian keamanan. Mobil ini sendiri tidak akan dilengkapi dengan kemudi manual, karena navigasi akan berbekal pada maps, seperti Google Maps, jadi kita tinggal menyebutkan tujuan kita maka mobil ini akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Nah, teknologi smart car ini diprediksi akan menjadi salah satu trend teknologi di tahun 2016.

2. Motion Sensor 


Saat ini, beberapa vendor mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Itu artinya minimal tahun depan, kita sudah bisa mengendalikan sistem sistem disekitar kita, seperti: tv, hp, ac, dll, hanya dengan menggerakkan tangan tanpa menyentuh benda benda tersebut. Keren bukan? Apa yang dulu hanya ada di film film bergenre sains fiksi ini kini mulai diwujudkan. Motion Sensor diprediksi akan menjadi trend teknologi di tahun 2016.

3. Robot yang Semakin Mengerti Manusia



Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mencapai tahap yang luar biasa. Robot Asimo buatan Honda ini misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang membuatnya bisa berbicara dengan manusia. Nah, dengan perkembangan teknologi sensor yang semakin maju, bukan tidak mungkin robot robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko, namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia.

4. Aplikasi Berbagi Uang



Saat ini proses pertukaran uang tidak lagi manual. Dengan adanya e-banking bertukar uang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 menit. Nah, di 2016 bukan tidak mungkin akan diluncurkan aplikasi berbagi uang. Snapcash, salah satu aplikasi berbagi uang yang diperkirakan akan diluncurkan di 2016. Pengguna snapchat akan memiliki fitur untuk berbagi uang di antara penggunanya. Bagaimana? Anda tertarik menunggu aplikasi ini diluncurkan? Kita tunggu saja salah satu aplikasi yang diprediksi akan menjadi trend teknologi di tahun 2016 


-         Trend di masa depan

Hardware Masa Depan
Secara umum hardware masa depan akan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, yaitu bahan-bahan yang degradable.
Selain itu, bahan-bahan yang digunakan cenderung ringan namun memiliki kecepatan yang tinggi.
Di masa yang akan datang ( tidak lebih 20 tahun kemudian) akan tercipta berbagai alat elektronik dengan teknologi nano. Meskipun ukurannya amat kecil namun kemampuannya tidak kalah dengan alat sebelumnya yang lebi besar. Teknologi nano akan meningkatkan daya kerja dari alat tersebut. Di dunia Material dan Metalurgi, Teknologi Nano dapat diterapkan dalam pembuatan peralatan dari logam dengan tingkat ketelitian dan presisi yang tinggi sehingga memiliki kualitas yang lebih baik.
Komputer Masa Depan

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.        Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang

PROSESOR MASA DEPAN
Logam monocrystalline silicon atau biasa dipanggil “silikon” selama ini dipakai sebagai bahan dasar pembuatan integrated circuit, termasuk pada prosesor komputer desktop dan gadget mobile.
Dari tahun ke tahun para pabrikan chip seperti Intel, Samsung, dan TSMC selalu berupaya memampatkan lebih banyak transistor dalam sebidang silikon untuk mendongkrak kinerja, menggunakan proses manufaktur yang semakin menciut hingga kini mencapai 14nm.


MACAM-MACAM TEKNOLOGI INPUT MASA DEPAN
Macam-macam output adalah keyboard, mouse webcam, joystick, scanner, microfon dan lain-lain seiring dengan perkembangan jaman akan ada beberapa perubahan menjadi yang lebih canggih mengikuti trend teknologi  yang akan datang.
Dimana keyboard berupa cahaya holograp dan kemudian di tampilkan di monitor berupa layar seperi sebuah proyektor.
Satu lagi yang ngk kalah seruh input device yang menggunkan pikiran manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer.
Dan yang terakhir dimana semua I/O berupa tampilan maupun keluaran dalam bentuk hologram seperti dibawa ini.

TEKNOLOGI OUTPUT DI MASA DEPAN
-Komputer Pena
-Komputer Meja Interaktif

Sebernarnya Kecanggihan Teknologi Komputer ini hampir sama dengan Microsoft Surface. Teknologi ini merupakan sebuah meja interaktif EXOdesk yang dapat memudahkan kita untuk melakukan kegiatan dengan virtual space.
PRINTER 3D
Printer pada zaman sekarang hanya bisa mencetak di komputer ke dalam sebuah kertas dengan bantuan tinta yang ada di dalam printer tersebut, akan tetapi di masa depan akan hadir sebuah printer 3D yang mampu meniru apapun gambar atau yang lainna di dalam layar komputer. Dan ternyata tidak terlalu memerlukan waktu yang cukup lama karena printer tersebut sudah hadir dalam dunia ini lewat sebuah video.   AsapScience menjelaskan kemudahan yang diberikan oleh printer ini bisa membuat setiap orang menciptakan apa saja lewat alat tersebut. Dan printer 3D ini sangat berguna untuk rumah sakit karena dokter bisa mengetahui kerusakan pada tulang misalnya dan bagaimana tulang tersebut di perbaiki atau di satukan lagi dengan demo dan ciptaan printer 3D.


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 3D
3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsipnya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan, lalu diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau apapun yang kita rekam itu mampu kita hadirkan tanpa harus dihadiri langsung oleh benda atau manusia yang bersangkutan.

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
  • Personal Digital Assistants
  • UMPC (Ultra Mobile PC)
  • Wearable computers (Komputer yang dapat dikenakan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar